Off Canvas

 

Halaman Artikel

Artikel umum Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanungpinang

KETAPANG KENCANA

  


Nama Ilmiah        : Terminalia mantaly
Nama Internasional : Madagascar Almond, French Mantaly (Madagascar)
Nama Lokal         : Ketapang Kencana
Asal               : Madagascar
Ciri-ciri          : berdaun kecil dan halus. percabangan pohonnya bertingkat
Manfaat	           : Tanaman hias, Obat-obatan


Ketapang Kencana merupakan pohon asli dari Madagascar. Pohon ini memiliki bentuk yang menarik sehingga sering digunakan sebagai pohon penghias taman. Terdapat percabangan-percabangan yang menyebar. Daun-daun kecilnya subur bergerombol seperti membentuk payung sehingga bisa melindungi tanaman yang ada di bawahnya. Tanaman ini memerlukan penyinaran matahari setiap harinya, jenisnya termasuk dalam tanaman outdoor. Ketapang Kencana mampu tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 – 20 meter dengan batang berdiri tegak dan rapi.
Pohon ini sering dijadikan sebagai peneduh di sisi-sisi jalan. Penanamannya pada sisi jalan sering dilakukan secara massal dalam bentuk barisan. Penanaman ini juga berfungsi untuk menyerap polusi. Penanaman seperti ini banyak diterapkan di area-area publik di Indonesia. Ketapang kencana juga sering ditanam sebagai penghias dan peneduh pada taman rumah dan juga area parkir di kawasan perkantoran.
Selain sebagai penghias taman, pohon ini juga memiliki khasiat untuk pengobatan. Kulit kayu dan kayunya dapat digunakan untuk mengobati disentri. Pada kayunya ditemukan tannin yang berguna sebagai pewarna.


Sumber:
https://disperkimtan.palangkaraya.go.id/pohon-ketapang-kencana-terminalia-mantaly/
https://ayoketaman.com/web/pohon/Y1oyRjVBSFFxdkxQcFNNaXZsMy8vdz09




 

Alamat Kantor

Jalan Daeng Celak, Senggarang
Tanjungpinang
Kepulauan Riau
29100
Indonesia

Copyright

Copyright © 2024 DLH Kota Tanjungpinang. All Rights Reserved.