Off Canvas

 

Halaman Artikel

Artikel umum Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanungpinang
TABEBUYA

Kingdom	: Plantae
Divisi		: Spermatophyta
Sub Divisi	: Angiospermae
Kelas		: Eudicots
Ordo		: Lamiales
Famili		: Bignoniaceae
Genus		: Handroanthus
Spesies	: 	: Handroanthus chrysotrichus

Nama Ilmiah
Nama Internasional
Nama Lokal
Asal
Ciri-ciri



Manfaat	:
:
:
:
:



:	Handroanthus chrysotrichus 
Yellow Trumpet Tree, Golden Trumpet Tree
Tabebuya
Hutan Amazon di Brazil
Daun pohon tabebuya tidak mudah rontok. Duduk daun berlawanan, bertipe daun majemuk menjari 5, berbentuk lonjong hingga oval, dan bertekstur lembut. Bunga berwarna kuning cerah berukuran 3-11 cm, muncul berkelompok di ujung cabang dan berbentuk terompet
Menjernihkan udara, kesehatan dan tanaman hias karena keindahan bunganya dan sebagai tanaman penghijauan karena tahan kekeringan.

Pohon tabebuya adalah flora dari hutan amazon, Brazil dan merupakan kelompok pepohonan besar. Keunikan dari pohon ini adalah menghasilkan bunga yang berwarna-warni (terutama kuning atau tergantung jenisnya) dan mempunyai bentuk morfologi mirip bunga sakura.

Oleh karena itu, tidak jarang bunga tabebuya juga disebut bunga sakura dari daerah tropis. Selain bunga sakura, pohon tabebuya juga biasa disebut dengan istilah bunga terompet, serta cedar putih, kayu putih, tecoma, dan manjack merah muda.

Nama ‘tabebuya’ pertama kali digunakan oleh Augustin Pyramus de Candolle sebagai nama generik pada tahun 1838. Selanjutnya, Britton kembali menggunakan istilah ‘tabebuya’ yang sebelumnya juga digunakan pada tahun 1876 oleh Bentham dan Hooker.

Kata ‘tabebuya’ sebenarnya adalah singkatan dari “tacyba bebuya“, kata tersebut berasal dari Bahasa Brazil. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka “tacyba bebuya” artinya adalah “semut kayu”.

Pohon tabebuya mempunyai kemampuan dalam menyerap senyawa karbon yang berbahaya bagi manusia. Senyawa ini biasanya terdapat di udara yang terdapat polutan dari asam kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, penanaman pohon tabebuya di pinggir jalan, hutan kota maupun sarana umum lainnya dapat bantu membersihkan udara yang tercemar oleh polusi.
Ada banyak jenis penyakit yang bisa diobati dengan memanfaatkan bagian tumbuhan tabebuya, misalnya saja penyakit malaria, mengobati luka pada tubuh, membantu menurunkan demam dan mengatasi anemia.



Sumber:
https://rimbakita.com/pohon-tabebuya/
https://kebunrayagunungtidar.magelangkota.go.id/tabebuya-kuning/
https://uptpth.dishut.jatimprov.go.id/tabebuya-tabebuia-heterophylla/





Alamat Kantor

Jalan Daeng Celak, Senggarang
Tanjungpinang
Kepulauan Riau
29100
Indonesia

Copyright

Copyright © 2024 DLH Kota Tanjungpinang. All Rights Reserved.